Biografi Riko Simanjuntak, Si Kijang Persija

Biografi Riko Simanjuntak bercerita tentang Riko sang pemain sepak bola nasional. Dilihat dari nama marganya, dia pasti putra Indonesia dari suku bangsa Batak. Jika suku bangsa Batak kebanyakan menjadi pengacara handal, Rico mewakili sukunya sebagai pesepak bola handal. Riko Simanjuntak adalah pemain Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta atau Persija.

Masa Kecil

Biografi Riko Simanjuntak mencatatkan umur sang winger dua puluh sembilan tahun. Tinggi badan Rico adalah hampir seratus enam puluh sentimenter. Riko dilahirkan di kota Pematang Siantar, Sumatera. Riko adalah keturunan Batak Toba. Ia juga tumbuh besar di kota Pematang Siantar.

Masa kecil Riko bukan masa untuk bersenang-senang. Bahkan ia harus membantu ekonomi keluarga dengan berjualan mainan untuk anak kecil yang ia buat sendiri dari bahan batang pohon pisang dan juga daun buah pisang. Mainan ia jual dengan harga dua ratus sampai tiga ratus rupiah.

READ  Formasi Sepak bola Menyerang Ala Pelatih Terkenal

Riko yang dijuluki kancil memang sangat cepat ketika berlari di lapangan. Ketika ditanya darimana dia memiliki kecepatan saat berlari itu, Riko menjawab sewaktu kecil ketika pulang bermain dari rumah temannya ia selalu berlari pulang ke rumah karena takut gelap. Saat itu memang listrik belum merata di daerah tempat tinggalnya. Kecepatan ini adalah senjata andalan Riko untuk mengobrak-abrik pertahanan tim lawan.

Karier Sebagai Pemain

Biografi Riko Simanjuntak pasti berisi tentang karier sepak bola senior yang dilakoninya. Riko Simanjuntak kerap berpindah klub dalam sepuluh tahun usia kariernya. Riko Simanjuntak bergabung dengan klub PSMS Medan pada tahun 2012. Dua tahun kemudian Riko pindah ke PS Bangka. Hanya satu tahun saja dia kembali berpindah ke Gresik United.

Mulai tahun 2016 sampai tahun 2018 Riko Simanjuntak bergabung dengan klub Semen Padang FC. Lalu sejak tahun 2018 sampai sekarang Riko bergabung dengan Persija Jakarta. Rico sangat senang membela Persija FC. Dalam pengharapannya ia ingin terus bisa membela Persija FC walau ada tawaran dari klub sepak bola luar negeri diantaranya klub dari kota Kedah Malaysia.

READ  Formasi Sepak Bola Bertahan di Era Sepakbola Modern

Jumlah Gol yang Dihasilkan

Jumlah gol yang dicatat oleh Riko Simanjuntak lebih dari tujuh belas gol. Riko sangat lincah karena itu ia dijuluki kancil yang sering menghasilkan gol. Bersama PSMS dia menghasilkan tiga gol dari sembilan laga. Tampil delapan belas kali bersama PS Bangka Riko menghasilkan tujuh gol.

Bersama Gresik United, Riko membobol gawang lawan sebanyak satu kali dari tiga penampilan. Dari tiga puluh sembilan pertandingan sewaktu membela Semen Padang FC, Rico membuat 2 gol. Ini statistik buruknya. Bersama Persija ia membuat empat gol dari delapan puluh delapan kali pertandingan. Diharapkan jumlah golnya terus bertambah dan tercatat dalam biografi Riko Simanjuntak.

READ  Formasi Sepak Bola Bertahan di Era Sepakbola Modern

Membela Tim Nasional Indonesia

Riko Simanjutak ialah bakat yang terlambat berkembang pada tingkat tim nasional Indonesia. Dulunya saat tingkat junior Riko tidak bergabung dengan tim nasional. Ia baru diundang ketika berumur dua puluh enam tahun. Biografi Riko Simanjuntak mencatat mulanya Riko bergabung dengan Garuda Muda bagian senior.

Riko membela tim nasional bangsanya ketika melawan negeri gajah putih Thailand dalam pertandingan uji coba pada pertengahan tahun 2018. Sampai sekarang Riko Simanjuntak masih kandidat yang diperhitungkan untuk membela tim nasional karena ia cukup berprestasi bersama klubnya yaitu Persija.

Demikianlah biografi Riko Simanjuntak, anak tabah dari Pematang Siantar yang terpilih untuk mewakili bangsanya dalam ajang sepak bola tingkat internasional. Persija adalah klub papan atas di Indonesia. Kenyataan ini bisa menumbuhkan semangat bagi seorang Riko Simanjuntak untuk terus berprestasi.

You May Also Like

About the Author: Ryuhei Sota