Formasi Sepak Bola Bertahan di Era Sepakbola Modern

Formasi sepak bola bertahan tidak kalah penting dari formasi menyerang. Hal itu disebabkan pertahanan kokoh juga berpeluang meraih piala. Sebut saja, Jose Mourinho yang dapat memenangkan tiga piala bersama Inter tahun 2009 lalu. Ada juga Roberto Di Matteo yang berhasil mengantar Chelsea juara Liga Champions 2012. Keduanya  memakai formasi bertahan saat jadi juara. Berikut formasi sepak bola bertahan di era sepak bola modern:

1. Formasi 4-5-1

Formasi 4-5-1 adalah formasi dasar yang sering digunakan tim yang menerapkan strategi bertahan. Untuk formasi ini memakai 4 pemain belakang, 5 pemain tengah dan hanya  menempatkan 1 penyerang. Efeknya, lini pertahanan lebih kokoh karena bisa memutus serangan dari lini tengah.

Namun kelemahannya, formasi ini harus diisi oleh pemain tipe bertahan, sehingga kesulitan untuk melancarkan serangan karena penyerang tidak dapat pasokan  bola dari tengah. Alhasil, peluang untuk mencetak gol sangat sedikit. Biasanya, formasi ini digunakan oleh tim kecil saat bertemu tim papan atas.

READ  Biografi Riko Simanjuntak, Si Kijang Persija

2. Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2 merupakan formasi bertahan yang bersistem 3 bek yang lazim digunakan oleh pelatih tim Italia. Misal, Antonio Conte pernah memakai formasi ini saat bertahan. Namun ketika ingin menyerang, Conte memakai sistem 3-4-3. Selain itu, ada juga mantan pelatih Inter dan Torino, yaitu Walter Mazzari juga penggemar fanatik formasi 3-5-2.

Formasi 3-5-2 ini mempunyai kelebihan dibanding formasi 4-5-1 yaitu formasi 3-5-2 tidak hanya bisa bertahan.  Namun, sangat efektif ketika  menyerang dari sayap. Sebab, ada 2 bek sayap yang maju untuk menyerang. Tetapi, kedua bek sayap harus berhati-hati, sebab ketika serangan balik, sisi sayap mudah ditembus pemain lawan.

3. Formasi 5-4-1

Formasi 5-4-1 adalah salah satu formasi yang lazim diterapkan oleh tim-tim kecil yang mengunakan strategi bertahan. Perlu diketahui formasi tersebut akan membuat pertahanan jadi lebih kuat. Hal itu karena mengandalkan 5 pemain belakang, yang ditopang oleh 4 pemain tengah. Hal itu akan memberikan rasa aman di pertahanan. Sedangkan untuk menyerang, hanya menempatkan 1 striker.

READ  Formasi Sepak bola Menyerang Ala Pelatih Terkenal

Oleh sebab itu, formasi 5-4-1 merupakan formasi yang paling aman apabila sebuah tim ingin memakai formasi sepak bola bertahan untuk menghadapi klub dengan kemampuan menyerang di atas rata-rata.

Namun, seperti formasi 4-5-1 striker akan kesulitan mendapatkan pasokan bola, karena semua pemain pasti akan fokus bertahan, sehingga striker akan kesulitan menciptakan peluang. Kecuali, ada pemain yang dapat mengumpan dengan akurat kepada penyerang.

4. Formasi 4-1-4-1

Formasi 4-1-4-1 adalah hasil evolusi dari formasi 4-5-1 yang hanya fokus kepada sistem pertahanan. Pada formasi ini menitikberatkan pertahanan kokoh sekaligus serangan yang mematikan.

Formasi 4-1-4-1  cocok dipakai oleh tim yang memiliki gelandang dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang bagus. Pasalnya, dalam formasi tersebut, gelandang bertahan akan membantu 4 pemain belakang. Sementara, 4 gelandang lain bertugas untuk mengkreasi serangan.

READ  Formasi Sepak bola Menyerang Ala Pelatih Terkenal

Formasi ini pernah dipakai Pep Guardiola ketika mantan pelatih Barcelona itu hijrah ke Bayern Munchen. Hasilnya pun tidak terlalu buruk. Sebab Pep berhasil menjuarai Bundesliga, Piala Super Eropa, DFB Pokal serta, mencapai semifinal Liga Champions.

5. Formasi 4-4-1-1

Formasi ini merupakan varian lain dari formasi 4-5-1. Penggunaan formasi ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara pertahanan dan penyerangan dengan komposisi pemain 4 bek, 4 gelandang, serta 1 penyerang bayangan yang bertugas untuk membuka ruang bagi striker utama.

Pada formasi 4-4-1-1, tugas gelandang menjadi lebih berat karena harus menyerang, sekaligus bertahan. Sehingga, dibutuhkan tenaga ekstra untuk menjalani peran tersebut. Tetapi formasi tersebut sangat cocok bagi tim yang ingin memakai formasi sepak bola bertahan dan tidak melupakan penyerangan.

Demikianlah,  informasi tentang formasi sepak bola bertahan. Semoga, dapat menambah pengetahuan mengenai formasi bertahan yang sering digunakan di era sepakbola  modern hingga saat ini.

You May Also Like

About the Author: Ryuhei Sota