Profil Elkan Baggott, Pemain Internasional Keturunan Indonesia

Profil Elkan Baggott paling baik diawali dari negara kelahirannya yaitu negara gajah putih Thailand. Tetapi Elkan yang bernama tengah William Tio bukanlah orang Thailand. Ayahnya berkebangsaan Inggris, sedangkan ibunya orang Indonesia. Menghabiskan masa kanak-kanak di negeri gajah putih lalu pindah ke Indonesia selama tiga tahun, Baggott akhirnya menetap di negeri Ratu Elizabeth II sejak tahun 2011.

Karier Permulaan

Karir Elkan Baggott saat masih berada level junior dimulai pada tahun 2018. Berlangsung selama dua tahun Baggott membela klub Ipswich Town FC sejak usia enam belas tahun. Ipswich Town FC adalah klub tua yang mengikuti Liga Championship di Inggris. Klub ini berdiri pada dua puluh dua tahun sebelum abad 19 berakhir. Klub ini memakai jersey berwarna biru dengan celana putih. Portman Road yang berkapasitas tiga puluh ribu penonton adalah kandang dari klub Ipswich Town.

READ  Profil Nadeo Argawinata, Penjaga Gawang Tampan yang Hobi Baca Buku

Karier Senior

Seorang pemain sepak bola dianggap senior saat dia telah memasuki usia delapan belas tahun. Profil Elkan Baggott berlanjut saat ia melanjutkan karier juniornya. Baggott tetap membela Ipswich Town FC saat ia berusia 18 tahun. Ia baru berpindah setelah King’s Lynn Town FC meminjam Baggott dari Ipswich Town FC pada tahun 2021. King’s Lynn Town sendiri adalah sebuah kota di Norfolk, Inggris. Klub dimanajeri oleh Ian Culverhouse dan Baggott sendiri pernah tampil membela King’s Lynn House sebanyak tujuh kali. King’s Lynn House sendiri bergabung dengan National League Inggris.

Membela Indonesia

Penggemar sepak bola Indonesia tidak asing dengan Elkan Baggott walau pemain ini tidak pernah berlaga di liga nasional Indonesia. Pasalnya ia pernah tiga kali membela Indonesia di ajang U-19. Profil Elkan Baggott yang bertinggi badan hampir dua meter (hanya kurang enam sentimeter) mencatat bahwa Shin Tae Yong, pelatih tim nasional Indonesia menaruh minat pada Baggot.

READ  Biografi Lionel Messi, Sang Mega Bintang

Baggot yang posisinya adalah bek tengah tampil di tim U-19 Indonesia saat melawan tim U-19 North Macedonia. U-19 sendiri adalah ajang kejuaraan sepakbola yang para pemainnya berusia kurang dari sembilan belas tahun. Saat melawan North Macedonia, Tim U-19 Indonesia menang dengan skor 4-1. Baggott sendiri pastinya tidak salah jika membela Indonesia karena ia masih memiliki paspor Indonesia. Di masa kecilnya Baggott juga pernah tinggal di daerah Tangerang tepatnya di Bintaro dan bersekolah di British School.

Ipswich Town FC sebenarnya telah memberi izin Baggott untuk membela tim nasional Indonesia pada tahun ini untuk penyisihan World Cup 2022 di Dubai UAE, tapi Baggott sendiri tidak bisa membela tim nasional Indonesia karena pandemi covid-19. Kekosongan yang ditinggalkan Baggott digantikan oleh seorang pemain dengan posisi bek dari klub Persebaya.

READ  Profil Irfan Bachdim Terbaru dan Terlengkap

Statistik Karir

Belum banyak yang bisa dicatatkan pada statistik profil Elkan Baggott. Ia baru tampil delapan kali bersama dua klub dari negara Inggris dan belum pernah menghasilkan gol. Mungkin karena posisinya dalam tim bukan gelandang atau penyerang maka ia bukan pemain yang produktif menghasilkan gol.

Bersama Ipswich Town FC Baggott pernah menjuarai Hospital Cup pada tahun 2018 di level junior. Dalam perjalanan ke final, Ipswhich Town FC sempat mengalahkan tim kuat Manchester United dan di final mengalahkan Norwich City.

Demikianlah profil Elkan Baggott, pemain berdarah Indonesia yang bertanding pada liga nasional Inggris. Dari segi usia dan pengalaman Elkan Baggott memang masih muda dan belum banyak pengalaman. Tetapi tidak ada salahnya untuk berprestasi gemilang sedini mungkin. Elkan Baggott pasti berharap untuk mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya pada dunia.

You May Also Like

About the Author: Ryuhei Sota