Profil Irfan Bachdim Terbaru dan Terlengkap

Profil Irfan Bachdim bisa dikatakan profil seorang pesepakbola kebanggaan tanah air. Irfan yang berwajah imut mulai dilirik pecinta bola tanah air sejak membela merah putih di kejuaraan piala AFF akhir tahun 2010. Walau saat itu Irfan baru saja datang dari Belanda, ia menegaskan dirinya bukan pemain yang perlu dinaturalisasi. Ia sudah memiliki paspor Garuda sejak lahir.

Kehidupan dan Keluarga Inti

Irfan Haarys Bachdim dilahirkan di ibukota Belanda pada 11 Agustus 1988. Irfan menghabiskan masa kecil di tempat kelahirannya dan baru saat berumur 22 tahun ia memutuskan untuk mengolah bola di negara asal ayahnya, Noval Bachdim yang adalah campuran Arab dan Jawa dengan ibu seorang keturunan Belanda. Ayah dari ayahnya, Ali Bachdim pernah berdinas sebagai TNI AL. Baik kakek maupun ayahnya dulunya menjadi pengolah bola yang pernah membela football club di Kota Malang.

READ  Profil Elkan Baggott, Pemain Internasional Keturunan Indonesia

Profil Irfan Bachdim berlanjut ketika berumur dua puluh tiga, Irfan Bachdim mengikat janji suci bersama Jennifer Kurniawan, seorang model yang juga saudara perempuan dari rekan satu klubnya Kim J. Kurniawan. Bersama istrinya, Irfan memiliki tiga buah hati. Putri pertama Kiyomi Sue, seorang perempuan. Anak kedua: Kenji Zizou dan ketiga: Kiyoji Kaynen berjenis kelamin laki-laki

Tahun-Tahun Awal Sebagai Pesepak Bola

Sejak kecil Irfan Bachdim sudah bercita-cita sebagai pesepak bola yang bukan amatiran. Irfan awalnya berlatih lalu berlaga di sekolah football Ajax Amsterdam dari tahun 1998 sampai tahun 2000. Irfan beralih pada SV Argon FC setelah itu kemudian tiga musim berikutnya Irfan diminta gabung ke FC Utrecht yang terkesan karena Irfan membuat banyak gol bersama SV Argon walau posisinya adalah gelandang, bukan penyerang.

Profil Irfan Bachdim berlanjut saat tahun 2009 Irfan pindah ke HFC Haarleem dimana Irfan mencetak dua gol dari 12 kali penampilan. Irfan sempat kembali bergabung sebentar dengan SV Argon sebelum berkeinginan menetap di Indonesia.

READ  Biografi Lionel Messi, Sang Mega Bintang

Awal Karier di Tanah Air

Di Indonesia Irfan Bachdim mulai mengikuti seleksi klub. Namun klub dari dua kota besar tidak memilihnya. Irfan diterima oleh Persema dari kota apel Malang dan sempat terkendala main dalam tim nasional Indonesia karena klubnya tidak bernaung dalam Liga Super. Akhirnya Irfan diperbolehkan membela Indonesia di kejuaraan AFF (Asean Footbal Federation). Golnya ke gawang negeri jiran melejitkan nama dan profil Irfan Bachdim di kalangan pecinta bola tanah air.

Profil Irfan Bachdim sebagai pesepakbola melejit sejak pertandingan di gelanggang ibu kota pada akhir tahun 2010. Ia juga sempat membintangi beberapa iklan termasuk iklan pencuci rambut. Bersama Persema, Irfan Bachdim mencetak 30 gol. Saat berada di Malang, Irfan sempat mendirikan organisasi untuk anak yang kurang beruntung. Ada empat belas anak-anak yang disantuninya.

READ  Profil Nadeo Argawinata, Penjaga Gawang Tampan yang Hobi Baca Buku

Karier di Beberapa Klub

Dengan posisi gelandang dan terkadang di posisi menyerang, Irfan Bachdim sempat bergabung dengan dua club sepakbola negeri gajah putih BEC Tero Sasana FC dan Chonburi FC. Mulai 2014 sampai 2015 Irfan Bachdim bernaung dengan foot ball club dari negeri matahari terbit Venforet Kofu dan tahun 2015 sampai 2016 bergabung dengan Consodale Sapporo.

Kembali ke ibu pertiwi, pada tahun 2017 Irfan Bachdim bernaung pada klub asal pulau dewata Bali. Profil Irfan Bachdim kembali dilirik ketika membela Bali United dia membukukan tiga belas gol. Walau demikian di tahun 2020, Irfan Bachdim memilih untuk membela PSS Sleman. Alasannya karena Irfan merasa cocok dengan pelatih PSS Sleman,  Eduardo Perez.

Profil Irfan Bachdim belum diakhiri. Kini di usia hampir tiga puluh tiga tahun Irfan Bachdim masih tidak menutup kemungkinan untuk memperkuat klub sepakbola yang ada, baik di dalam maupun dari luar negeri.

You May Also Like

About the Author: Ryuhei Sota