Profil Nadeo Argawinata, Penjaga Gawang Tampan yang Hobi Baca Buku

Nama Nadeo Argawinata mulai muncul sejak kiprahnya bermain di tim nasional Indonesia U-22 di Sea Games 2019 Filipina.  Daya tarik Nadeo dan kepiawaiannya dalam U-22 di tahun 2019 yang membuat namanya banyak dicari. Profil Nadeo Argawinata tercatat dalam google trend, menjadi key word pencarian google terbanyak di beberapa negara seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia dan United States.

Meskipun Nadeo merupakan kiper termuda dan masih kategori junior, namanya telah banyak diperbincangkan sebagai kiper masa depan tim nasional Indonesia berdasarkan sepak terjangnya dalam Sea Games di tahun 2019 lalu.

Tak heran hal ini yang membawa Tae-Yong sebagai pelatih tim nasional kembali mempercayai Nadeo dan beberapa kiper muda lain. Nadeo dan beberapa lainnya akan dibawa di Emirat Arab dalam kualifikasi Piala Dunia di tahun 2022. Simak profil Nadeo Argawinata, kiper tampan Tim Nasional yang akan membela Indonesia pada Sea Games 2022.

Nadeo Memiliki Hobi Membaca

Profil Nadeo Argawinata pertama yakni dalam hobinya. Nadeo mengaku ia menyukai membaca sejak kecil. Baik itu buku fiksi hingga buku pengetahuan dan biografi para tokoh dunia.

Menurutnya membaca dapat memulihkan otaknya seusai pertandingan sepak bola yang cukup menguras energi. Membaca jadi tempatnya refreshing.

READ  Biografi Kylian Mbappe, Bintang World Cup 2018

Saat ini ia juga mengaku memiliki wawasan agama yang kurang, sehingga dengan membaca tulisan tentang agama dari beberapa pandangan tokoh besar, baginya hal ini akan membantunya memperdalam ilmu agama, dilansir dari JPN.com

Menyukai Drama Korea Crash Landing On You

Kiper tampan ini beberapa kali menjawab sebuah hashtag yang diberikan oleh penggemarnya. Hashtag tersebut yakni #tanyaNadeo, yang tersebar di twitter.

Salah satu pertanyaan yang diberikan fansnya yakni apakah Nadeo menyukai drama korea. Lantas kiper tampan tersebut menjawab iya dan Nadeo menyebutkan salah satu drama kesukaannya yakni Crash Landing On You.

Disebut Mirip Kiper Chelsea oleh Akun Official Chelsea Indonesia

Chelsea FC Indonesia pada akun twitter, tepatnya 3 Desember 2019 mengunggah beberapa kemiripan postur wajah Nadeo Argawinata dengan Kiper Chelsea yakni Kepa Arrizabalaga. “Sama-sama penjaga gawang, sorot mata tajam, rahang tegas, bibir tipis, dan bergaya rambut rockabilly. Jadi, apa bedanya Nadeo dengan Kepa?” unggah Chelsea FC Indonesia dalam cuitan twitternya.

Dengan tinggi badan yang hampir sama yakni Nadeo 187 cm dan Kepa 186 cm mungkin jika keduanya bertemu akan sekilas seperti saudara kembar. Hal ini pula lah yang banyak dijadikan perhatian netizen Indonesia akan kemiripan pria asal Kediri tersebut dengan kiper jebolan Negeri Matador tersebut.

Nadeo sempat menjadi sorotan media asing. Profil Nadeo Argawinata pernah diulas dalam media Vietnam net, dimana beberapa kali pria asal Kediri tersebut mendapat sebutan kiper tampan. Dari cara menepis bolanya menurut Vietnam net, Nadeo makin pantas disebut kembaran Kepa Arrizabalaga.

READ  Biografi Lionel Messi, Sang Mega Bintang

Menjadi Kiper Sejak Kelas 4 SD

Nadeo sudah menggeluti posisi kiper dalam sepak bola sejak di bangku Sekolah dasar tepatnya kelas 4. Oleh pelatihnya ia ditunjuk sebagai kiper pada saat itu. Hal ini tidak terlepas dari postur tubuhnya kala itu yang bisa dibilang cukup tinggi pada usianya. Saat itu ia tergabung dalam SSB Erlangga Kediri.

“Saat itu di sekolah dasar ketika di Airlangga saya ditunjuk sebagai kiper karena tinggi badan saya. Hal ini saya cukup nyaman di posisi kiper hingga berlanjut saat ini” ujar Nadeo dilansir dari laman resmi Bali United.

Alumnus SMAN 8 Kediri

Nadeo merupakan alumnus SMAN 8 Kediri. Sekolah yang berakreditasi A di kota Kediri ini merupakan tempat Nadeo menimba ilmu serta melatih skill sepak bolanya dengan mengikuti beberapa perlombaan di kota Kediri. SMANDELANIA atau sebutan bagi warga sekolahnya, SMAN 8 Kediri ini juga pernah menjuarai penghargaan supporter terbaik dalam Coca-Cola Cup 2011.

Kiper Utama dalam Borneo FC 2019

Pada tahun 2019 Nadeo dipercaya sebagai kiper utama Borneo FC dalam liga 1 2019. Ia menggantikan Mohammad Ridho yang berpindah dari Borneo FC ke Madura United. Prestasi Borneo FC dalam Liga 1 2019 pada akhirnya cukup bagus. Klub asal Samarinda berhasil dibuat menduduki posisi kedua klasemen sementara.

Kiper yang memiliki kekuatan pada kaki kanan itu berhasil meraih enam kali clean sheet di Liga 1 2019. Clean sheet sendiri ialah istilah dalam sepak bola ketika kiper berhasil menjaga gawang dari kebobolan selama 90 menit permainan terakhir.

READ  Profil Elkan Baggott, Pemain Internasional Keturunan Indonesia

Gawang Borneo FC secara keseluruhan mengalami kebobolan sebanyak tigapuluh tiga kali dari 28 pertandingan Liga 1 2019. Akan tetapi Borneo berhasil memasukkan 45 gol ke gawang lawan. Hal ini tidak luput dari kepiawaian Nadeo Argawinata.

Idolakan David De Gea

Meskipun kerap kali disamakan dengan Kepa Arrizabalaga, Nadeo kerap kali menjawab bukan Kepa idolanya dalam beberapa wawancara singkat dengan media.

Ia justru mengidolakan David de Gea, kiper berusia 30 tahun dari Manchester United. Baginya, David De Gea memiliki  kemampuan komplit yang layak ditiru.

Resmi Menikah Pada Maret 2021

Nadeo Argawinata resmi melangsungkan pernikahan pada 29 Maret 2021. Hal ini dapat diketahui dari postingan instagram Nadeo yang mengunggah foto pernikahan. Di foto tersebut nampak Nadeo dan istri tersenyum pada kamera. Hal ini lantas menjadi sorotan netizen. Pernikahan Nadeo juga mendapatkan ucapan selamat dari Bali United.

“Semoga cinta kalian terus bertumbuh dan semakin kuat setiap harinya,” tulis keterangan Bali United.

Kiper Bali United tersebut meninggalkan skuat Bali United di tengah ajang Piala Menpora 2021 saat itu, karena bertepatan dengan acara pernikahannya.

Itu tadi profil menarik Nadeo Argawinata. Sebagai informasi, Nadeo akan berjuang dengan  Tim nasional Indonesia di bulan Juni 2021 mendatang.

You May Also Like

About the Author: Ryuhei Sota