Striker Manchester United yang Berjasa Besar

Striker Manchester United selalu menjadi andalan bagi klub yang bermarkas di Old Trafford itu, untuk meraih gelar juara. Sejarah mencatat, ada beberapa striker tajam yang pernah berjasa mengantarkan MU berjaya di tanah Inggris maupun, Eropa. Siapakah dia? Penasaran? Jangan khawatir! Berikut ini, adalah striker tajam yang mengantarkan MU juara:

1.  Dwight Yorke

Dwight Yorke merupakan striker berpaspor Trinidad & Tobago. Yorke menjadi striker Manchester United sejak musim, 1998-2002. Total, Yorke telah mencetak 65 gol dan 25 assist di semua kompetisi. Dwight Yorke berhasil membantu MU meraih tiga gelar, yaitu Liga Champions, Liga Inggris,  dan Piala FA. Dirinya juga pernah meraih top skor liga dengan 18 gol.

2. Wayne Rooney

Wayne Rooney merupakan striker hasil didikan akademi Everton. Striker yang kala itu berusia 18 tahun tersebut, ditransfer seharga 843 milyar tahun 2004. Rooney berhasil membawa MU menjuarai beberapa kompetisi. Di antaranya adalah, 5 kali  juara Liga Inggris, sekali juara piala FA 2016, sekali juara Liga Champions 2008, sekali juara Piala Dunia Antarklub

Selain itu, Rooney juga berjasa membawa MU menjuarai piala liga Inggris di tahun 2006, 2009, 2010 dan 2017. Setelah itu, Rooney pindah ke Everton tahun 2017. Setahun kemudian, Rooney pindah ke MLS bergabung dengan DC United. Setelah dua tahun menetap di Amerika, Rooney kembali ke Inggris untuk gabung dengan Derby County, sampai pensiun.

3. Ruud Van Nistelrooy

Ruud Van Nistelroy adalah striker Belanda yang datang ke Old Traford pada tahun 2006. Van Nistelroy ditransfer dari PSV Eindhoven sebesar 495 Milyar rupiah. Selama berkostum MU, Van Nistelrooy total berhasil mencetak 150 gol dan 20 asisst di 219 penampilan. Pencapaian tersebut, membuat Van Nistelrooy menjadi striker Manchester United tertajam.

4. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer kini menjabat sebagai manajer Manchester United menggantikan Jose Mourinho, pada tahun 2018 lalu. Sebelum menjabat sebagai pelatih, Solksjaer merupakan striker andalan tim setan merah. Pemain berjuluk baby face assasins itu, telah mencetak 126 gol dan 33 assist dari 365 pertandingan.

Selain itu, Solskjaer juga berperan mengantar MU meraih treble tahun 1999 lalu. Solksjaer berperan mencetak gol penentu ke gawang Bayern Munchen di detik akhir pertandingan, setelah Solskjaer masuk sebagai pemain pengganti. Alhasil, Manchester United menang dengan skor 2-1.  Sekaligus berhasil menyabet trofi kedua MU di pentas Liga Champions.

5. Robin Van Persie

Robin Van Persie menjadi pemain Manchaster United setelah dibajak dari tim Arsenal, semasa masih ditangani oleh Arsene Wenger pada tahun  2012 silam. Selama mengenakan kostum Manchester United, Van Persie telah mengemas 58 gol dari total 158 penampilan bersama MU. Sementara itu, pada tahun 2012 Van Persie berhasil menyabet gelar top skor dengan jumlah 30 gol.

Bukan hanya itu, Van Persie pernah membantu MU meraih satu trofi Liga Inggris, pada musim 2012/  2013, atau saat memasuki tahun terakhir era kepelatihan Sir alex Ferguson. Sayang, kebersamaan Van Persie dan Manchester United tidak berlangsung lama. Penyebabnya, Van Persie harus rela dijual oleh pelatih Louis Van  Gaal ke Fenerbache dengan biaya 113 milyar rupiah saja.

Kepindahan Robin Van Persie ke klub Fenerbache itu, sekaligus mengakhiri petualangan Van Persie di tanah Inggris. Sekaligus mengubur impian Van Persie, untuk tetap bermain sebagai striker Manchester United.

Itulah  ulasan menarik tentang daftar striker Manchester United yang berjasa mengantarkan MU untuk meraih gelar juara. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca, untuk mengenang era kejayaan MU di masa lalu, sehingga, tidak melupakan sejarah besar klub. Sekaligus dapat dijadikan motivasi, bagi pemain dan penggemar agar tetap optimis meraih kejayaan.

About the Author: Ryuhei Sota